Kamis, 06 September 2012

PIDATO DRAGHI PREMATUR EURO TERGELINCIR

SUARA RAKYAT : Euro terlihat kesulitan  mempertahankan momentum penguatan seiring ECB''s Draghi memulai pidatonya. ECB''s Draghi kembali aktifkan kembali program pembelian obligasi namun bank sentral inginkan adanya prasyarat yang harus dilakukan oleh setiap negara yang menginginkan program tersebut seperti layaknya mengajukan pinjaman kepada ESFS/ESM. EUR/USD kini diperdagangkan 1.2604, coba menjauhi level tinggi harian 1.2651 Meskipun pengaktifan program dapat mencegah bubarnya zona-euro namun prasayarat yang diajukan mungkin akan cukup berat bagi Spanyol.

Ini tentunya membuat pasar khawatir bahwa Spanyol mungkin tidak akan mengajukan pengaktifan kebijakan intervensi ECB. Belum ada reaksi dari Spanyol sejauh ini atas program pembelian obligasi.

Sebelumnya ECB kembali mempertahankan suku bunga di level rendah 0,75% pada pertemuan September. Ini sesuai prediksi dan tidak berubah dari publikasi Agustus yang juga tetap di 0,75%. Euro menguat setelah data dirilis mengingat ada sebagian kecil trader yang harapkan ECB akan longgarkan kebijakan moneter demi menopang pemulihan ekonomi zona-euro.
Pasar tentunya akan melihat perincian kebijakan tersebut untuk melihat apakah Spanyol dapat menerima prasyarat yang mungkin diajukan ECB sehingga dapat membantu memangkas biaya pinjaman obligasi pemerintah Spanyol.
Meski demikian, Societe Generale memperingatkan investor untuk mewaspadai potensi aksi profit-taking EUR/USD mengingat adanya konsensus umum bahwa ECB akan umumkan kebijakan pembelian obligasi dengan tenor maksimum 3 tahun dan tidak akan disterilisasi. "Konsensus seperti ini sangat tidak lazim," ujar analis Societe Generale yang diwawancari Dow Jones.

1 komentar:

  1. Menyimak inti pidato Draghi investor sebaiknya mewaspadai potensi aksi profit-taking EUR/USD un tuk menghindari kerugian yang tidak diharapkan.

    BalasHapus